Ratusan Pelamar CPNS 2024 di Kabupaten Mojokerto Tidak Lulus, Ini Penyebabnya

Bimbel Akses Bimbel Akses • 12 September 2024

Ratusan Pelamar CPNS 2024 di Kabupaten Mojokerto Tidak Lulus, Ini Penyebabnya

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Mojokerto telah berakhir. Panitia seleksi daerah mencatat bahwa dari total 1.852 pendaftar yang memilih instansi di lingkungan Pemkab, sebanyak 1.724 orang berhasil melakukan submit. Namun, ratusan lainnya dinyatakan tidak lolos.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mojokerto, Teguh Gunarko, menegaskan bahwa jumlah pelamar CPNS di lingkungan Pemkab Mojokerto sudah final. Menurutnya, tidak semua pelamar yang memilih instansi di lingkungan Pemkab Mojokerto menyelesaikan pendaftarannya.

"Dari total 1.852 pendaftar, ada sekitar 7 persen yang tidak menuntaskan pendaftaran mereka. Jadi, hanya 93 persen atau 1.724 pelamar yang berhasil submit," jelasnya.

Ketua panitia seleksi daerah (panselda) menegaskan bahwa berdasarkan perkembangan seleksi administrasi pengadaan PNS untuk tahun anggaran 2024 hingga kemarin (11/9) pukul 16.00, tercatat ada 128 pelamar yang tidak menyelesaikan proses submit. Teguh mengaku tidak mengetahui secara pasti alasan ratusan pelamar tidak menyelesaikan pendaftaran mereka hingga pendaftaran ditutup pada Selasa (10/9).

Ia menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan oleh pelamar yang tidak melakukan submit hingga batas waktu pukul 23.59 melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara - Badan Kepegawaian Negara (SSCASN-BKN) 2024.

Akibatnya, pelamar otomatis dinyatakan gugur sebelum bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya. "Ya otomatis. Sebanyak 128 pelamar yang memilih instansi kami gugur dan tidak bisa mengikuti tahap selanjutnya," tegasnya.

Sejak awal, pemda telah mengingatkan para pelamar untuk tidak menunda pendaftaran hingga menit-menit terakhir. Peringatan ini juga kembali disampaikan saat pengumuman perpanjangan waktu pendaftaran, karena menurut Teguh, hal ini meningkatkan risiko kegagalan menyelesaikan pendaftaran.

"Kami sudah beberapa kali menyampaikan hal itu. Karena mendaftar di saat-saat terakhir bisa menyebabkan server down. Tapi apakah itu penyebab mereka tidak submit, kami tidak tahu pasti. Mungkin juga karena dokumen persyaratannya belum lengkap," jelasnya.

Dengan berakhirnya masa pendaftaran, panselda kini fokus pada seleksi administrasi, yang sesuai jadwal diperpanjang hingga 17 September 2024. Hasil seleksi akan diumumkan antara 14-19 September, dan masa sanggah akan berlangsung pada 20-22 September.

Dalam rekrutmen tahun ini, Pemkab membuka 108 formasi, terdiri dari 19 formasi tenaga kesehatan dan 89 formasi tenaga teknis. Dari formasi teknis tersebut, 21 formasi diperuntukkan bagi penata kelola sistem dan teknologi informasi, serta 18 formasi untuk pamong pemerintah.

Tes CASN 2024 udah sebentar lagi, kamu sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersedia dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses


Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Masih punya pertanyaan?

Hubungi kami 


Referensi: https://radarmojokerto.jawapos.com/politik-pemerintahan/825079590/ratusan-pelamar-cpns-2024-di-kabupaten-mojokerto-dicoret-ini-alasannya

Subscribes Channel Youtube Kami