Ramai di Media Sosial Pendaftaran CPNS Dibuka pada 15 Juli, Begini Penjelasan dari BKN

Bimbel Akses Bimbel Akses • 26 June 2024

Ramai di Media Sosial Pendaftaran CPNS Dibuka pada 15 Juli, Begini Penjelasan dari BKN

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang akan dibuka pada 15 Juli 2024, menjadi topik ramai di media sosial. Di salah satu unggahan di TikTok, disebutkan bahwa pendaftaran periode pertama untuk sekolah kedinasan telah ditutup. Sekarang, hanya tinggal menunggu pembukaan periode kedua untuk calon aparatur sipil negara (CASN) di kementerian dan lembaga.

"Periode II, segera datang!" tulis unggahan tersebut.

Dari unggahan itu juga terlihat bahwa seleksi CPNS akan berlangsung dari 15 hingga 29 Juli 2024, dengan pendaftaran mulai dari 16 Juli hingga 5 Agustus 2024. Seleksi administrasi dijadwalkan dari 16 Juli sampai 11 Agustus 2024, dan pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS akan berlangsung pada 1-2 November 2024.


Namun, apakah benar pendaftaran CPNS dimulai pada 15 Juli?

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Vino Dita Tama menjelaskan bahwa pihaknya belum mengumumkan kapan pendaftaran CPNS akan dimulai. Ia mengatakan bahwa pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK masih menunggu pembukaan resmi dari Kementerian PANRB.

"Terkait rencana pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK masih menunggu pembukaan resmi dari Kementerian PANRB," katanya kepada CNNIndonesia.com pada Rabu (26/6).

Vino menyatakan bahwa setelah pembukaan diumumkan, jadwal per-tahapannya akan disampaikan lebih lanjut. Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk menunggu informasi resmi dari pemerintah.

"Silakan ditunggu informasinya," ucapnya.

Kementerian PANRB memang menargetkan seleksi CPNS 2024 dibuka pada Juli mendatang, dengan seleksi dibuka setelah penetapan formasi yang diharapkan rampung. Namun, jadwal tersebut masih bersifat tentatif.

"Kita harap Juni sudah selesai penetapan formasi, supaya Juli bisa buka seleksi, tapi kita belum tahu kapan pastinya, masih menunggu penetapan dari pak menteri (PAN-RB)," kata Sekretaris Kemenpan-RB Rini Widyantini di Gedung DPR pada Rabu (12/6).

Rini mengatakan bahwa seluruh instansi sudah mengusulkan formasi ASN yang dibutuhkan, dan saat ini BKN sedang melakukan validasi data formasi agar sesuai dengan usulan tersebut.

"Kita masih menunggu, jika sudah klop maka kita akan melakukan penetapan formasi," jelasnya.

Tes CASN 2024 sudah sebentar lagi, kamu sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersedia dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses


Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Masih punya pertanyaan?

Hubungi kami


Referensi: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240626080438-532-1114200/pendaftaran-cpns-ramai-di-medsos-dibuka-15-juli-ini-penjelasan-bkn 

Subscribes Channel Youtube Kami