Pendaftaran Seleksi PPPK 2024 Akan Dibuka Dalam Dua Periode

Bimbel Akses Bimbel Akses • 12 October 2024

Pendaftaran Seleksi PPPK 2024 Akan Dibuka Dalam Dua Periode

Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun Anggaran 2024 resmi dimulai pada 1 Oktober, dan pendaftaran dibagi menjadi dua periode.

Periode pertama berlangsung dari 1 hingga 20 Oktober 2024, ditujukan bagi Pelamar Prioritas seperti Pelamar Prioritas Guru dan D-IV Bidan Pendidik Tahun 2023, Eks Tenaga Honorer Kategori II (THK-II) yang terdaftar di database BKN, serta tenaga non-ASN yang juga tercatat di database BKN.

Periode kedua akan dibuka mulai 17 November hingga 31 Desember 2024, untuk pelamar non-ASN yang masih aktif bekerja di instansi pemerintah, termasuk lulusan PPG yang melamar untuk formasi guru di instansi daerah.

"Calon peserta seleksi PPPK dapat mendaftar melalui portal resmi https://sscasn.bkn.go.id. Pastikan memahami mekanisme seleksi PPPK sesuai dengan KepmenPANRB yang telah kami terbitkan," kata Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, Selasa (1/10).

Kementerian PANRB telah mengeluarkan tiga peraturan terkait kebijakan Pengadaan PPPK Tahun Anggaran 2024. Peraturan tersebut meliputi: Keputusan Menteri PANRB No. 347/2024 tentang Mekanisme Seleksi PPPK Tahun 2024; KepmenPANRB No. 348/2024 tentang Mekanisme Seleksi PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru di Instansi Daerah Tahun 2024; dan KepmenPANRB No. 349/2024 tentang Mekanisme Seleksi PPPK untuk Jabatan Fungsional Kesehatan Tahun 2024.

Menteri Anas menyatakan bahwa pada tahun 2024, pemerintah menetapkan alokasi formasi terbesar untuk PPPK, yaitu 1.031.554 dari total 1.280.547 formasi CASN 2024 (data per 22 Agustus 2024). Jumlah besar formasi PPPK ini dialokasikan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk menyelesaikan penataan tenaga non-ASN di instansi pemerintah.

"Seleksi PPPK tahun 2024 kita prioritaskan untuk penataan pegawai non-ASN, sehingga seluruh formasi PPPK dibuka khusus untuk pegawai non-ASN di instansi pemerintah," kata Anas.

Pendaftaran Seleksi PPPK diumumkan melalui Surat Plt. Kepala BKN Nomor: 6610/B-KS.04.01/SD/K/2024. Prioritas kelulusan dalam seleksi PPPK tahun 2024 secara bertahap diberikan kepada pelamar prioritas, eks THK-II yang terdaftar dalam database BKN, tenaga non-ASN yang tercatat di database BKN, serta non-ASN yang masih aktif bekerja di instansi pemerintah.

"Seleksi PPPK tahun 2024 menggunakan computer assisted test (CAT), dan kelulusan ditentukan berdasarkan peringkat terbaik. Tidak ada nilai ambang batas, namun peserta akan dinyatakan lulus jika berada di peringkat tertinggi," jelas mantan Bupati Banyuwangi tersebut.

Dalam seleksi PPPK, hanya terdapat dua tahapan, yaitu seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Seleksi kompetensi bertujuan untuk mengukur kesesuaian Kompetensi Manajerial, Kompetensi Teknis, dan Kompetensi Sosial Kultural pelamar dengan standar jabatan yang dilamar.

Selain itu, akan ada wawancara berbasis komputer untuk menilai integritas dan moralitas peserta.

Tes CASN 2024 udah sebentar lagi, kamu sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersedia dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses


Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Masih punya pertanyaan?

Hubungi kami 


Referensi: https://menpan.go.id/site/berita-terkini/pendaftaran-seleksi-pppk-2024-dibuka-2-periode-menteri-panrb-komitmen-pemerintah-tuntaskan-penataan-non-asn

Subscribes Channel Youtube Kami