Pembukaan CPNS Sebentar Lagi, Lakukan 5 Hal ini

Apa Kamu merupakan salah seorang yang menunggu pembukaan CPNS 2020? Jika iya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat lolos pada pelaksanaan seleksi CPNS mendatang.

Tentu rasanya cukup mengecewakan dan melelahkan jika Kamu gagal pada ujian Calon Pegawai Negeri Sipil sebelumnya. Selain itu, bertambahnya jumlah pesaing tiap tahun membuat peluang kian menipis.

Namun jangan berkecil hati, karena kabarnya tahun 2020 ini pemerintah telah memberikan isyarat tentang pembukaan CPNS.

Hal ini tentu disebabkan karena terdapatnya banyak kekosongan di berbagai formasi. Selain itu, banyaknya aparatur sipil negara yang pensiun mungkin menjadi salah satu alasannya.

Berikut ini adalah 5 hal penting yang harus Kamu persiapkan menjelang penerimaan CPNS 2020 mendatang:

  1. Catat hal penting dalam pelaksanaan CPNS

Hal pertama yang bisa Kamu lakukan jika pembukaan CPNS sebentar lagi adalah mencatat rangkaian pelaksanaan seleksi. Hal sepele seperti ini bisa berakibat fatal, apalagi jika Kamu gagal tes dengan alasan konyol karena salah tanggal.

Catat semua rangkaian pelaksanaan rekrutmen CPNS, mulai dari waktu pendaftaran, lokasi ujian, dan lain-lain.

Untuk seleksi CPNS 2019 yang sampai saat ini masih dilaksanakan, pendaftaran sudah dibuka sejak 11 hingga 24 November 2019 lalu.

baca artikel terkait  Lowongan CPNS di Kementerian Ristekdikti

Selain itu, pada tanggal 16 Desember 2019 sudah dilakukan pengumuman hasil seleksi administrasi. Jika lolos administrasi, selanjutnya Kamu akan maju ke tahap berikutnya, yakti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Jika tidak lolos tahap administrasi, sebetulnya Kamu masih punya kesempatan untuk melakukan sanggahan pada Masa Sanggah. Waktu pengajuan sanggahan ini dilakukan selama 3 hari, tepatnya pada tanggal 16 sampai 19 Desember 2019. Pengumuman hasil diterima atau tidaknya sanggahan Kamu akan dipublikasikan pada tanggal 26 Desember 2019.

Tes SKD sendiri sudah dimulai sejak awal Februari 2020 dan masih berlangsung hingga saat ini. Jika Kamu lolos dalam tes SKD, selanjutnya Kamu harus mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang kabarnya akan dilaksanakan pada bulan April 2020 mendatang.

 

  1. Ketahui formasi CPNS

Untuk tahun 2019, total formasi yang ditawarkan mencapai hingga 197.111 lowongan. Formasi tersebut terdiri dari 462 pemerintah daerah, 159.257 instansi daerah, 37.854 instansi pusat, dan 68 kementerian.

Semua lowongan pada formasi tersebut tentu tidak mungkin sesuai dengan kualifikasi yang ada pada diri Kamu. Selain itu, satu pelamar hanya diperkenankan untuk melamar pada satu formasi saja.

baca artikel terkait  Jadwal SKB CPNS Telah Keluar, ada Keringan Tes SKB untuk Tahun ini

Oleh sebab itu, karena banykaknya formasi saat pembukaan CPNS, sebaiknya Kamu luangkan waktu mempelajari formasi-formasi yang ditawarkan. Selain itu, sesuaikan formasi yang paling cocok dengan kualifikasi atau kemampuan Kamu.

  1. Jangan mendaftar terlalu awal

Jeli dalam melihat peluang merupakan salah satu kunci sukses dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Setelah memfilter formasi mana saja yang cocok dengan kualifikasi, tunggulah terlebih dahulu selama beberapa waktu sebelum memutuskan untuk mendaftar.

Hal ini dilakukan untuk membandingkan jumlah pelamar dan jumlah formasi yang dibutuhkan. Kamu bisa melihat grafik jumlah pendaftar beserta formasi yang diperlukan di portal resmi SSCN atau website instansi terkait.

 

  1. Mempersiapkan dokumen dan berkas penting

Jika Kamu sudah memilih formasi yang sesuai dengan kulifikasi, selanjutnya Kamu akan dimnta untuk mengunggah sejumlah dokumen atau berkas yang diperlukan sebagai sayarat pendaftaran. Dokumen-dokumen tersebut biasanya berupa digital sehingga Kamu bisa mempersiapkan file hasil scan.

Tentunya, masing-masing formasi memiliki persyaratan berkas atau dokumen berbeda. Akan tetapi, umumnya beberapa dokumen dibawah ini merupakan berkas umum yang harus kamu lampirkan sehingga bisa disiapkan jauh-jauh hari.

  • Scan ijazah asli
  • Scan KTP asli
  • Scan transkrip nilai asli
  • Foto diri
  • Scan surat pernyataan yang bisa kamu unduh dari website masing-masing instansi
baca artikel terkait  Info CPNS Jawa Timur, Ini Tempat dan Waktu Pelaksanaan Tes SKD

 

  1. Pelajari soal-soal CPNS

Tes SKD biasanya memiliki kisi-kisi yang berbeda pada tiap pelaksanaan CPNS. Untuk tahun tahun ini, soal SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar terdiri dari tiga bagian, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakter Pribadi (TKP).

Secara garis besar, TWK biasanya membahas materi-materi tentang nasionalisme, bela negara, pilar negara, integritas, dan materi lainnya terkait wawasan kebangsaan.

Berbeda dengan TIU, tes ini lebih mengarah ke materi yang menguji kemampuan verbal, numerik, dan figural para pelamar.

Sementara itu, TKP akan menguji dan menilai pelamar dalam segi pelayanan publik, sosial budaya, teknologi, komunikasi, jejaring kerja, dan lain-lain.

Untuk mempelajari soal-soal tersebut, Kamu dapat mengunduh aplikasi terkait secara gratis di playsotre atau apps store. Atau cari di browser kumpulan contoh-contoh soalnya sebagai bahan latihan Kamu.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Kamu juga dapat mengikuti program Bimbel CPNS. Dengan program tersebut tentu Kamu akan belajar lebih mudah karena terdapat instruktur berpengalaman.