Lowongan dan Cara Daftar Jadi PNS Lulusan SMA Sederajat

Tahun ini seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil mengumumkan bahwa terdapat lowongan PNS hingga 152.250 formasi. Lowongan tersebut merupakan keseluruhan dari 68 Kementerian dan 461 Pemerintah Daerah.

Kabar baik datang bagi Kamu yang berkualifikasi pendidikan Sekolah Menengah Atas. Pasalnya, rekrutmen kali ini bukan hanya ditujukkan untuk lulusan Sarjana atau Diploma saja. Lulusan SMA sederajat yang berniat jadi PNS memiliki banyak peluang.

Hal tersebut tak terlepas dari kebutuhan sejumlah instansi yang memang memerlukan tenaga kerja lulusan SMA sederajat.

Sebelum membahas cara daftar PNS, sebaiknya Kamu lihat terlebih dahulu formasinya sehingga nanti tidak terlalu bingung saat memilih instansi.

  1. Kemenkeu

Kemenkeu atau Kementerian Keungan menyediakan kesempatan bagi lulusan SMK untuk menjadi aparatur sipil negara. Setidaknya, dari keseluruhan jumlah lowongan pns, terdapat 10 formasi yang bisa diisi oleh lulusan SMK.

Selain itu, lulusan jurusan Pelayaran Nautika atau Teknika memiliki formasi lebih kompleks di Kemenkeu. Pasalnya, formasi tersebut tersedia baik di formasi umum maupun khusus.

  1. Kemenkumham

Kemenkumham atau Kementerian Hukum dan HAM memberikan lowongan PNS bagi putra-putri Indonesia  lulusan SMA sederajat.

Kemenkumham juga merupakan instansi dengan jumlah formasi terbanyak untuk lulusan SMA, yakni mencapai 3.532 formasi. Angka tersebut dipecah dan terbagi ke bebererapa  formasi, yakni sebagai sipir sebanyak 2.875 dan 675 lainnya ditujukkan sebagai pemeriksa keimigrasin pelaksana atau pemula.

  1. Kementan RI
baca artikel terkait  Seleksi CPNS 2021, Perhatikan 8 Alur berikut sebelum Tes SKD

Kementan RI atau Kementerian Pertanian Republik Indonesia juga memberikan kesempatan untuk lulusan SMK. Jabatan kosong di Kementan RI adalah fungsional dan pelaksana.

  1. BIN

BIN atau Badan Intelijen Negara telah mengumumkan bahwa pada rekrutmen CPNS tahun ini jumlah formasi yang tersedia yaitu 721.

Dari 721 formasi tersebut, terdapat 200 formasi yang diperlukan dengan kualifikasi pendidikan minimal SMA atau sederajat. Posisi atau jabatan yang akan ditawarkan adalah sebagai pranata komputer pelaksana pemula.

 

  1. Kemenhub

Kemenhub atau Kementerian Perhubungan pun turut membuka pintu untuk lulusan SLTA atau sederajat sebanyak 85 formasi. Tetapi, jika ingin jadi PNS di Kemenhub peserta biasanya harus memiliki keterampilan tambahan yang sudah tersertifikasi, seperti Bahasa Inggris dan Basic Safety Training.

  1. Kemendikbud

Dari total 2.196 formasi, Kemendikbud atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberikan peluang bagi lulusan SMK.

Meski terbilang memiliki jatah formasi yang cukup banyak, namun lowongan pns SMA disini hanya terdapat dua formasi saja, yaitu untuk mengisi Teknisi Laboratorium dan Teknik Kimia.

  1. Kejagung

Kejagung atau Kejaksaan Agung memiliki lowongan hingga 5.203 formasi tahun ini. Dari jumlah tersebut, terdapat 2.000 formasi yang bisa dilamar oleh para lulusan SMA sederajat yang berniat untuk jadi PNS.

  1. BNN
baca artikel terkait  9 Tips Ampuh Lolos CPNS Yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi Kamu yang merupakan lulusan SMA, dapat ikut daftar PNS di BNN atau Badan Narkotika Nasional. Berdasarkan informasi dari portal resmi BKN, bahwa BNN membuka 7 lowongan untuk SLTA sederajat.

Ketujuh formasi tersebut diantaranya adalah di Provinsi Banten (1 kursi), Riau (1 kursi), Kalimantan Tengah (2 kursi), Kepulauan Riau (2 kursi), Aceh (1 kursi), Sumatera Selatan (1 kursi), dan Jambi (1 kursi).

  1. KLHK

KLHK atau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengumumkan bahwa formasi untuk seleksi CPNS tahun ini mencapai 705 lowongan. Yang sudah termasuk 80 diantaranya adalah khusus pelamar dengan kualifikasi pendidikan minimal SMK.

 

Cara Daftar PNS Secara Online di Portal BKN

 

Sebelumnya, persiapkan terlebih dahulu dokumen-dokumen yang diperlukan. Diantaranya yaitu:

  1. Pas Foto dengan background atau latar belakang warna merah
  2. Swafoto atau selfie dengan Kartu Informasi Akun dan KTP
  3. Ijazah asli
  4. Transkrip nilai asli
  5. Surat lamaran (ditulis tangan/diketik tergantung ketentuan instansi yang dilamar)
  6. Dokumen pendukung lainnya yang diperlukan instansi

 

Jika dokumen diatas sudah disiapkan, selanjutnya Kamu dapat mulai membuat akun. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, Kamu harus membuka portal BKN atau di link https://sscn.bkn.go.id
  2. Buat Akun
  3. Pilih Registrasi
  4. Kamu haru memasukkan Nomor Induk Kependudukan dan Kartu Keluarga. Kamu juga bisa menggunakan KTP milik kepala keluarga.
  5. Selanjutnya Kamu harus mengisi identitas yang benar sesuai Kartu Keluarga, seperti Nama tanpa gelar, Tempat dan Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, e-Mail, Password, dan Pertanyaan Pengaman
  6. Upload Foto dengan background atau latar belakang warna merah
  7. Kemudian Cetak Kartu Informasi Akun
  8. Log In SSCN
baca artikel terkait  Catat Pemerintah Akan Buka 758.018 Formasi CASN PPPK Guru 2022

Kamu sudah memiliki akun, kemudian Log In ke portal SSCN BKN menggunakan NIK dan password yang baru saja didaftarkan.

  1. Daftar PNS di Instansi pilihan
  2. Upload swafoto atau selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun
  3. Isi data pribadi dengan lengkap dan benar
  4. Pilih instansi tujuan, jenis formasi, jabatan dan pendidikan
  5. Isi data pada kolom yang sudah disediakan dengan lengkap
  6. Unggah dokumen serta cek resume
  7. Setelah itu, cetak kartu pendaftaran
  8. Verifikasi

Tim panitia seleksi CPNS atau dari Instansi terkait akan melakukan verifikasi dokumen.

Jika lulus, Kamu akan mengikuti proses rekrutmen berikutnya setelah mendapatkan Kartu Peserta Ujian.