Lowongan CPNS di Kementerian Ristekdikti

Lowongan CPNS Ristekdikti – Pemerintah memberikan pengumuman secara resmi tentang rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS secara besar-besaran di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Lowongan penerimaan di Kementerian Ristekdikti merupakan salah satu dari 58 instansi pemerintahan.

Hal tersebut tentu menjadi kabar yang ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja. Pasalnya, beberapa tahun ke belakang pemerintah memang tak pernah melakukan seleksi atau rekrutmen secara besar-besaran.

Tahun ini, lowongan CPNS Ristekdikti ditujukan untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdedikasi dan memiliki integritas tinggi. Ristekdikti menyediakan banyak formasi bagi siapa saja yang ingin daftar PNS. Jumlah lowongan menjadi aparatur sipil negara di instansi ini pun tak main-main, yakni mencapai 1500 formasi.

Rekrutmen ristekdikti juga lebih memberi kesempatan untuk formasi umum, dengan jumlah lowongan CPNS hingga 1345 formasi. Pelamar juga harus memiliki gelar setidaknya D3, S1, Spesialis, atau S2. Hal ini memang dikarenakan sebagian besar jabatan ditujukan sebagai Dosen, baik Lektor ataupun Asisten Ahli.

Selain itu, 150 formasi dibuka untuk lulusan terbaik dengan dengan kualifikasi pendidikan setidaknya harus S2 atau S3. Sedangkan 5 formasi lainnya diisi khusus untuk pendaftar yang berasal dari Papua dan Papua Barat, dengan kriteria pendidikan minimal S2.

baca artikel terkait  Penghasilan PNS Terbaru dan Lengkap

Sama seperti instansi lain, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pun memberikan persyaratan umum yang harus dimiliki peserta atau pelamar. Diantaranya yaitu merupakan Warga Negara Indonesia yang tidak berkedudukan atau menjabat sebagai Pegawai Negeri Sipil, minimal usia18 tahun dan maksimal 35 tahun saat mendaftar, serta tidak memiliki ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang dan narkotika.

Ada pun persyaratan khusus yang menjadi kriteria pelamar di Ristekdikti, diantaranya sebagai berikut:

  • Lulusan Terbaik

Formasi ini khusus bagi lulusan terbaik putra atau putri Indonesia yang memiliki gelar Cumlaude. Selain itu, pelamar juga harus bisa membuktikan bahwa gelar Cumlaude tersebut benar-benar real dengan adanya transkip nilai atau ijazah. Namun tak semua lulusan Cumlaude bisa mendaftar, formasi ini hanya diperuntukan bagi lulusan Universitas atau program studi unggul yang sudah terakreditasi A.

  • Putra-Putri Papua dan Papua Barat

Formasi ini merupakan salah satu lowongan CPNS khusus bai putra-putri Indonesia yang berasal dari Papua atau Papua Barat. Ristekdikti juga memberikan kriteria untuk lowongan ini, diantaranya adalah merupakan lulusan Universitas yang sudah terakreditasi B.

baca artikel terkait  Info CPNS Jawa Timur, Ini Tempat dan Waktu Pelaksanaan Tes SKD

Adapun pelamar mesti memenuhi kriteria tertentu dalam segi pendidikan, yakni minimal IPK 2,75 (dari skala 4) serta telah menuntaskan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas atau sederajat.

Putra-putri Papua dan Papua Barat juga harus memiliki garis keturunan asli Papua atau Papua Barat. Hal ini dapat dibuktikan KTP orang tua dan akte kelahiran pendaftar.

  • Pelamar Umum

Bagi yang ingin mendaftar formasi umum, ada beberapa kualifikasi pendidikan yang mesti dipenuhi. Diantaranya adalah merupakan lulusan dari Universitas yanag sertidaknya sudah terakreditasi B, IPK minimal 3,00 (formasi Dosen dan Widyaiswara) dan IPK minimal 2,75 (formasi Auditor dan Instruktur Ahli Pertama).

 

Cara Pendaftaran CPNS di Kementerian Ristekdikti

Pada dasarnya, untuk mendaftar CPNS Ristekdikti caranya hampir mirip dengan pendaftaran di instasi-instansi pemerintah lainnya. Namun, terdapat perbedaan dimana untuk rekrutmen CPNS di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mengharuskan para pelamar mengirim berkas lewat pos.

Sebelum membahas tentang pengiriman berkas, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu cara pendaftaran secara online berikut ini:

  1. Masuk ke portal resmi SSCN
  2. Jika sudah masuk, lakukan registrasi bila belum mempunyai akun, atau pilih login bila sudah mempunyai akun
  3. Untuk registrasi akun, NIK atau Nomor Induk Kependudukan harus dicantumkan. Kamu dapat melihatnya di e-KTP atau Kartu Keluarga
  4. Kemudian Kamu harus mengisi biodata dengan lengkap dan benar
  5. Setelah itu, lanjutkan proses pendaftaran di portal resmi Ristekdikti. Kamu juga akan mendapatkan informasi berupa formulir yang berisi tentang kebutuhan perlengkapan data untuk mendaftar.
baca artikel terkait  Alasan Peserta CPNS Tidak Bisa Cetak Kartu Ujian

 

 

 

Cara Pengiriman Berkas

Jika sudah selesai mengisi formulir, selanjutnya Kamu harus mengirim berkas lamaran. Cara pendaftaran CPNS Ristekdikti lewat pos dapat Kamu lakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Wajib melampirkan surat lamaran yang ditulis tangan dengan tinta warna hitam serta bermaterai Rp 6000. Surat lamaran ditujukkan kepada Menteri Ristekdikti.
  2. Melampirkan pas foto dengan background atau latar belakang warna merah serta ukurannya 4 cm x 6 cm (4 lembar).
  3. Cetak bukti registrasi yang sudah Kamu tanda tangani.
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku.
  5. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.
  6. Melampirkan Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah jika Kamu merupakan lulusan luar negeri.
  7. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk orang tua (bapak) dan akte kelahiran bagi putra-putri Papua atau Papua Barat.