Link Untuk Memeriksa Formasi CPNS dan Pendaftarannya

Bimbel Akses Bimbel Akses • 06 August 2024

Link Untuk Memeriksa Formasi CPNS dan Pendaftarannya

Rencana pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan dimulai pada minggu ketiga Agustus 2024. Hal ini disebutkan dalam dokumen Mekanisme Pelaksanaan Seleksi Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2024 oleh Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen, saat Sosialisasi Kebijakan Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2024 yang diadakan secara daring pada Senin, 29 Juli 2024.

Pendaftaran rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN), termasuk CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), akan dilakukan secara online. Registrasi akan dilakukan melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) BKN di sscasn.bkn.go.id.

Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) direncanakan dimulai pada minggu ketiga Agustus 2024. Informasi ini terdapat dalam dokumen Mekanisme Pelaksanaan Seleksi Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2024 yang disampaikan oleh Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen, dalam Sosialisasi Kebijakan Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2024 secara daring, Senin, 29 Juli 2024.

Proses pendaftaran untuk rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN), termasuk CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), akan dilakukan secara online melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) BKN di sscasn.bkn.go.id.

"Pendaftaran yang dimaksud dalam Pasal 15 ayat (1) huruf c dan ayat (2) huruf c dilakukan secara daring melalui SSCASN", demikian bunyi Pasal 25 ayat (1) Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 6 Tahun 2024 tentang Pengadaan Pegawai Aparatur Sipil Negara.

Cara Memeriksa Formasi CPNS 2024

Portal SSCASN tidak hanya digunakan untuk pendaftaran seleksi, tetapi juga akan menampilkan daftar formasi yang dibutuhkan oleh kementerian/lembaga negara (K/L) dan pemerintah daerah (Pemda). Calon pelamar seleksi CPNS dan PPPK dapat melihat formasi yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan terakhir mereka.

"Panitia seleksi instansi pengadaan pegawai ASN mengunggah tautan pengumuman lowongan pada pengadaan pegawai ASN secara nasional melalui SSCASN," bunyi Pasal 21 ayat (2) Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2024.

Berikut adalah cara memeriksa formasi CPNS 2024 setelah diumumkan di portal SSCASN:

  1. Kunjungi laman sscasn.bkn.go.id.
  2. Pilih jenjang pendidikan.
  3. Cari program studi dan instansi yang dituju.
  4. Pilih jenis pengadaan CPNS atau PPPK.
  5. Tekan tombol Cari.
  6. Sistem akan menampilkan daftar formasi. Pelamar dapat menekan tombol Lihat untuk membaca informasi lebih lanjut mengenai formasi CASN.
  7. Selain itu, calon pelamar seleksi CPNS dan PPPK juga dapat memantau kebutuhan formasi di situs resmi K/L dan Pemda serta media sosial. Biasanya, masing-masing instansi juga akan mengeluarkan surat keputusan (SK) yang menerangkan kebutuhan formasi CASN.

Berikut adalah laman resmi seleksi CASN di beberapa instansi:

Tes CASN 2024 udah sebentar lagi, kamu sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbel terbaik untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbel terbaik nomor satu di Indonesia dan tersedia dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses


Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Masih punya pertanyaan?

Hubungi kami 


Referensi:  https://nasional.tempo.co/read/1900064/link-cek-formasi-cpns-2024-dan-pendaftarannya

Subscribes Channel Youtube Kami