Ketentuan Usia Pendaftaran CPNS 2024, Maksimal 40 Tahun dengan Syarat Tertentu

Bimbel Akses Bimbel Akses • 02 June 2024

Ketentuan Usia Pendaftaran CPNS 2024, Maksimal 40 Tahun dengan Syarat Tertentu

Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, yang mencakup Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), menjadi salah satu momen yang paling dinantikan oleh masyarakat Indonesia. 


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) mengungkapkan bahwa seleksi CASN direncanakan akan dimulai pada bulan Juni atau Juli mendatang.


"Seleksi CASN tahun 2024 dijadwalkan akan dimulai pada bulan Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN," kata Anas, mengutip dari arsip detikEdu pada Jumat (31/5/2024).


Tahun ini, sebanyak 1.289.824 formasi CASN akan dibuka, dengan rincian 427.650 formasi di instansi pusat dan 862.174 formasi di instansi daerah.




Meskipun bulan pelaksanaan telah disebutkan, Anas menegaskan bahwa jadwal ini masih bersifat dinamis dan bisa berubah sesuai perkembangan yang ada, mengingat seleksi Sekolah Kedinasan 2024 juga sedang berlangsung.


Sementara menunggu kepastian jadwal, calon pelamar CPNS sudah bisa mulai mempersiapkan diri, salah satunya dengan memahami ketentuan tentang batas usia pendaftaran di masing-masing instansi. Berikut informasinya.


Batas Usia Pendaftaran CPNS 2024


Merujuk pada seleksi CPNS di tahun-tahun sebelumnya, berbagai instansi menetapkan batas usia pendaftar minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Namun, ada pengecualian di mana batas usia dapat mencapai 40 tahun.


Secara umum, batas usia pelamar CPNS telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil Pasal 23 ayat (1) poin a, (2), dan (3).


Berikut bunyi PP Nomor 11 Tahun 2017 tersebut:

"Setiap Warga Negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi PNS dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut: Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar," demikian bunyi Pasal 23 ayat (1).


Namun, untuk beberapa jabatan tertentu, batas usia pelamar dapat dikecualikan hingga 40 tahun, seperti yang dijelaskan dalam aturan tersebut:


"Batas usia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dapat dikecualikan bagi jabatan tertentu, yaitu paling tinggi 40 tahun," bunyi Pasal 23 ayat (2).


"Jabatan tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditetapkan oleh Presiden," bunyi Pasal 23 ayat (3).


Sehingga, secara umum, persyaratan usia untuk mendaftar CPNS adalah minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, kecuali untuk jabatan tertentu yang memungkinkan pendaftar berusia hingga 40 tahun, sesuai penetapan Presiden.


Tes CASN 2024 sudah sebentar lagi, kamu sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersedia dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses




Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Masih punya pertanyaan?

Hubungi kami


Referensi: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7367016/ketentuan-batas-usia-pendaftaran-cpns-2024-maksimal-40-tahun-dengan-catatan-ini 

Subscribes Channel Youtube Kami