Heboh Pendaftaran CPNS & PPPK Sudah Dibuka, Berikut Kata Deputi BKN

Bimbel Akses Bimbel Akses • 05 August 2024

Heboh Pendaftaran CPNS & PPPK Sudah Dibuka, Berikut Kata Deputi BKN

Beberapa pelamar CPNS 2024 dan PPPK sudah mulai membuat akun SSCASN di tautan https://daftar-pbpbd-sscasn.bkn.go.id/akun. Proses pembuatan akun ini dimulai sejak Sabtu (3/8), namun pada Minggu (4/8) baru ada klarifikasi bahwa tautan tersebut ditujukan untuk Provinsi Papua Barat. Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN, Suharmen, menyatakan bahwa tautan https://daftar-pbpbd-sscasn.bkn.go.id/akun memang merupakan portal BKN.

Ia menambahkan bahwa pendaftaran PPPK 2021 belum dapat dilakukan karena data masih dalam proses audit oleh perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Papua Barat serta Kantor Regional BKN Papua Barat. "Sekali lagi, ini hanya khusus untuk Papua Barat dan belum mencakup semuanya," ujarnya.

Terkait pelamar, baik dari kalangan honorer maupun umum, yang sudah membuat akun di tautan tersebut, Deputi Suharmen menyatakan bahwa mereka tidak perlu khawatir. Nama mereka tidak akan dibatalkan. "Jika baru membuat akun, mereka termasuk kategori belum mendaftar. Jadi, tidak akan dibatalkan," jelasnya.

Sebelumnya, banyak honorer yang kebingungan dengan munculnya tautan pembuatan akun SSCASN di https://daftar-pbpbd-sscasn.bkn.go.id/akun, dan banyak yang sudah membuka tautan tersebut. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK sudah dibuka, karena honorer sudah bisa membuat akun SSCASN. "Apakah pendaftaran sudah dibuka? Mengapa bisa membuat akun? Teman-teman honorer sedang kebingungan," kata Dewan Pembina Forum Honorer K2 Tenaga Teknis Administrasi Indonesia, Nur Baitih, kepada JPNN, Minggu (4/8).

Bunda Nur, sapaan akrab Nur Baitih, mengaku telah mencoba membuka tautan tersebut dan ternyata dapat diakses dengan mudah. Menanggapi hal ini, Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Vino Dita Tama, menyatakan bahwa pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK belum dibuka. "Pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024 belum dibuka," kata Vino saat dikonfirmasi mengenai masalah tersebut.

Dia khawatir banyak honorer dan pelamar umum yang membuat akun lebih awal. Akibatnya, honorer tidak dapat membuat akun saat pendaftaran PPPK 2024 dibuka. "Pendaftaran PPPK 2024 ini sangat dinantikan jutaan honorer. Jika tidak paham, bisa menjadi jebakan," ujarnya.

Jika akun SSCASN sudah dibuat dengan memasukkan NIK, tetapi salah sasaran karena tautan tersebut khusus untuk Papua dan Papua Barat, maka honorer akan otomatis gugur. Dalam aturan pendaftaran CPNS dan PPPK sebelumnya, BKN sebagai ketua panitia seleksi nasional (Panselnas) CASN berkali-kali mengingatkan bahwa pembuatan akun SSCASN hanya boleh dilakukan sekali. Artinya, pelamar hanya bisa memilih antara CPNS atau PPPK. Jika ada pelamar yang mencoba membuat akun kedua, mereka akan otomatis gugur.

"Ini berbahaya jika sosialisasi kurang. Jangan sampai teman-teman membuat akun SSCASN di tautan yang sudah tersebar luas ini," imbau Bunda Nur.

Tes CASN 2024 udah sebentar lagi, kamu sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbel terbaik untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbel terbaik nomor satu di Indonesia dan tersedia dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses


Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Masih punya pertanyaan?

Hubungi kami 


Referensi:  https://www.jpnn.com/news/pelamar-cpns-2024-pppk-sudah-bikin-akun-sscasn-deputi-bkn-beri-info-penting?page=3

Subscribes Channel Youtube Kami