Bolehkah PPPK Mendaftar CPNS?

Bimbel Akses Bimbel Akses • 30 July 2024

Bolehkah PPPK Mendaftar CPNS?

Sejalan dengan penerbitan regulasi Pengadaan ASN, Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja, menjelaskan secara rinci kebijakan Pengadaan PNS tahun 2024. Kebijakan ini diatur dalam Keputusan Menteri PANRB No. 320/2024 tentang Mekanisme Seleksi Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2024 dan KepmenPANRB No. 321/2024 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2024. Aba menyampaikan bahwa kebutuhan dalam Pengadaan PNS tahun 2024 mencakup Kebutuhan Umum dan Kebutuhan Khusus. Kebutuhan Khusus ditujukan bagi penyandang disabilitas, lulusan cumlaude, diaspora, putra/putri Papua, putra/putri Kalimantan, serta putra/putri dari daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal). Dijelaskan pula bahwa arah kebijakan Pengadaan ASN difokuskan pada pelayanan dasar dan penyelesaian tenaga non-ASN atau honorer. Pemerintah juga berupaya mengurangi rekrutmen jabatan yang terdampak oleh transformasi digital. "Yang paling penting adalah di instansi pusat, talenta-talenta baru ini akan diarahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Rekrutmen tahun ini diutamakan untuk merekrut talenta-talenta terbaik di IKN dalam mendukung tugas pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik," tambah Aba.

Melalui kebijakan PNS tahun ini, PPPK yang berminat menjadi PNS diberikan kesempatan untuk melamar dalam rekrutmen CPNS jika memenuhi syarat. "Bagi PPPK yang sudah bekerja selama 1 tahun, mereka dapat melamar CPNS tanpa harus berhenti dari PPPK. Jadi, jika tidak diterima, mereka bisa kembali ke PPPK," ujar Aba Subagja.

Mengenai teknis pelaksanaan seleksi pengadaan ASN 2024, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara, Suharmen, menekankan pentingnya kecermatan Panitia Instansi dalam menyusun Petunjuk Teknis Seleksi Administrasi agar tidak ada pihak yang dirugikan. "Pastikan benar-benar teliti agar tidak ada kasus di mana seseorang yang seharusnya memenuhi syarat ternyata tidak lulus administrasi, atau sebaliknya. Hal ini akan menjadi subjek sanggahan dari calon peserta," jelas Suharmen.

Suharmen juga menyampaikan bahwa peserta yang telah lulus seleksi administrasi pengadaan CPNS Tahun Anggaran 2024 dapat memilih untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) atau menggunakan nilai pada Sertifikat SKD CAT BKN Tahun Anggaran 2023 di SSCASN. "Jika ada peserta yang tahun lalu sudah lulus SKD dan melewati nilai ambang batas, mereka dapat menggunakan Sertifikat SKD mereka untuk seleksi tahun ini," tambahnya. "Namun, hasil yang tertera pada Sertifikat SKD CAT BKN hanya bisa digunakan untuk satu periode pengadaan CASN berikutnya," ujar Suharmen.

Tes CASN 2024 udah sebentar lagi, kamu sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersedia dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses


Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Masih punya pertanyaan?

Hubungi kami 


Referensihttps://jpnn.com/news/pendaftaran-cpns-2024-segera-dibuka-pppk-boleh-melamar?page=3

Subscribes Channel Youtube Kami