Alasan Kenapa Selalu Diundur Untuk Seleksi CPNS 2024

Bimbel Akses Bimbel Akses • 31 July 2024

Alasan Kenapa Selalu Diundur Untuk Seleksi CPNS 2024

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menunda seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 karena masih banyak formasi yang belum terisi oleh lulusan baru.

Awalnya, pemerintah menyediakan 200.000 formasi CPNS untuk fresh graduate tahun ini, tetapi hingga saat ini hanya 130.341 formasi yang terisi.

Ini merupakan penundaan ketiga, setelah sebelumnya seleksi CPNS dijadwalkan pada bulan Mei, kemudian ditunda ke Juni, Juli, dan sekarang ditunda lagi hingga Agustus.

Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas, menyatakan bahwa penundaan ini disebabkan oleh minimnya usulan formasi dari berbagai kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

"Inilah yang menyebabkan kita menunggu, karena formasi yang kita berikan tidak diusulkan oleh kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah," ujar Abdullah Azwar Anas, Menpan RB.

"Penundaan CPNS ini berkaitan dengan pengusulan dari kementerian atau lembaga," tambah Abdullah Azwar Anas pada Minggu (28/7/2024).

Kementerian dan lembaga pemerintah pusat seharusnya mendapatkan kuota 200.000 formasi untuk lulusan baru, namun hingga kini mereka baru mengusulkan 130.341 formasi. Hal ini menjadi penyebab utama mundurnya jadwal seleksi CPNS 2024.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada pengumuman resmi mengenai kapan pendaftaran CPNS akan dimulai, meskipun ada informasi yang beredar di media sosial bahwa pendaftaran akan dibuka mulai 15 Juli 2024.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Vino Dita Tama, mengatakan bahwa pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK 2024 masih menunggu pembukaan resmi dari Kementerian PANRB.

BKN memastikan akan mengumumkan jadwal pembukaan secara resmi jika sudah ditetapkan, dan mengimbau masyarakat untuk menunggu informasi resmi dari pemerintah.

"Terkait rencana pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK 2024 masih menunggu pembukaan resmi dari Kementerian PANRB," kata Vino Dita Tama.

"Silakan ditunggu informasinya," ujarnya dikutip dari Tribun News.

Dengan demikian, calon peserta seleksi CPNS 2024 diharapkan untuk terus memantau informasi resmi dari pemerintah mengenai jadwal dan persiapan yang diperlukan untuk mengikuti seleksi.

Tes CASN 2024 udah sebentar lagi, kamu sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersedia dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses


Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Masih punya pertanyaan?

Hubungi kami 


Referensi: https://www.kompas.tv/nasional/526348/update-cpns-2024-seleksi-ditunda-karena-banyak-formasi-kosong


Subscribes Channel Youtube Kami