Alasan Kenapa CPNS & PPPK Masih Tertunda Untuk Melakukan Pembukaan Pendaftaran

Bimbel Akses Bimbel Akses • 27 July 2024

Alasan Kenapa CPNS & PPPK Masih Tertunda Untuk Melakukan Pembukaan Pendaftaran

Banyak yang menantikan pembukaan lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, termasuk untuk CPNS dan PPPK. Meskipun ada kabar bahwa lowongan ini akan dibuka bulan ini, sampai pekan terakhir bulan Juli masih belum ada kejelasan. Kepala Biro Data, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Mohammad Averrouce, menyatakan bahwa pihaknya masih menyelesaikan finalisasi usulan detail formasi dari masing-masing Kementerian/Lembaga (KL). Proses ini terhambat karena beberapa KL terlambat menyampaikan usulan mereka.

"Sebagai contoh, kementerian/lembaga pusat mendapatkan kuota fresh graduate sekitar 200.000 lebih. Namun, hingga awal Juli, jumlah formasi yang diusulkan oleh kementerian/lembaga tersebut belum mencapai 200.000," kata Averrouce.

Averrouce mengatakan bahwa pihaknya terus berusaha mempercepat proses agar pendaftaran seleksi CASN berikutnya dapat segera dilaksanakan. Menteri PANRB Azwar Anas telah menyetujui prinsip formasi ASN Tahun 2024, yang sudah diserahkan kepada PPK Pusat dan Daerah.

"Jumlah total persetujuan prinsip formasi ini sekitar 1,2 juta formasi. Namun, angka tersebut masih bisa berubah, karena kebutuhan ASN secara nasional akan dioptimalkan," ujarnya.

Pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan formasi tersebut. Namun, penetapan formasi secara bertahap akan segera diterbitkan agar proses seleksi dapat segera dilaksanakan," lanjutnya.

Secara keseluruhan, proses persiapan seleksi CASN 2024 sedang dalam tahap verifikasi dan validasi (verval) rincian formasi yang sudah diinput oleh masing-masing instansi pemerintah. Sebelumnya, pemerintah telah membuka seleksi CPNS khusus untuk sekolah kedinasan pada bulan Mei lalu, namun seleksi CPNS dan PPPK umum masih dalam tahap persiapan.

Averrouce belum dapat memastikan apakah seleksi akan dibuka pada bulan Juli sesuai target terakhir atau akan mundur ke bulan Agustus. Dia menekankan bahwa Kementerian PAN-RB tidak ingin terburu-buru, karena hal tersebut bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Pembukaan CASN 2024 akan dilakukan jika tahap verifikasi dan validasi (verval) serta persiapan instrumen seperti regulasi dan sistem sudah siap. Kami tidak ingin terburu-buru, jadi kami pastikan semuanya berjalan sesuai rencana untuk meminimalkan kesalahan," jelasnya.

Sebagai informasi tambahan, berdasarkan timeline besar, seharusnya rangkaian seleksi dibuka dengan CPNS Sekolah Kedinasan (Sekdin) pada bulan Maret. Namun, seleksi baru dimulai pada bulan Mei 2024. Sementara itu, seleksi CASN secara umum awalnya dijadwalkan dibuka pada bulan Juni, namun kemudian mundur ke bulan Juli.

"Mudah-mudahan, kami berharap penetapan formasi selesai pada bulan Juni sehingga seleksi bisa dibuka pada bulan Juli. Namun, kami masih menunggu penetapan dari Pak Menteri (PAN-RB)," kata Sekretaris Kementerian PAN-RB, Rini Widyantini, usai Rapat Kerja dengan Komisi II DPR RI di Senayan, Jakarta, pada Rabu (12/6/2024).

Sementara itu, Plh. Deputi Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) BKN, Suharmen, mengatakan bahwa kebutuhan formasi belum difinalisasi karena Kementerian PANRB masih menyelesaikan coaching clinic dan pematangan detail formasi. Proses ini termasuk penyelesaian tenaga non-ASN atau honorer.

Menurutnya, salah satu alasan formasi belum ditetapkan adalah karena sejumlah kementerian/lembaga (KL) pusat maupun daerah belum mengumpulkan formasi, termasuk Kementerian Agama yang masih dalam proses pendetailan.

"Kalau ditanya kendalanya, sekarang mereka harus menyusun peta jabatan dulu. Mereka sebelumnya fokus menyelesaikan peta jabatan, dan itu memakan waktu yang cukup lama," ujar Suharmen.

Dalam seleksi CASN tahun ini, ditargetkan sebanyak 1.289.824 formasi akan dibuka di berbagai instansi di seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan 2,3 juta ASN secara bertahap. Rinciannya, terdapat 427.650 formasi di instansi pusat, yaitu 207.247 CPNS dan 221.936 PPPK. Sedangkan alokasi formasi untuk instansi daerah mencapai 862.174 formasi. Selain itu, 71.643 formasi CASN akan ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN), dengan rincian 14.114 formasi CPNS dan 57.529 formasi PPPK.

Tes CASN 2024 udah sebentar lagi, kamu sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


Akses education centre sebagai Lembaga independen bimbingan belajar untuk persiapan lulus seleksi CPNS & CASN-PPPK merupakan bimbingan belajar terbaik nomor satu di Indonesia dan tersedia dalam, membimbing calon ASN baru  dan sudah terbukti 90% LOLOS seleksi SKD & 80% LOLOS sebagai ASN, Bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi CPNS dan PPPK kalian bisa bergabung ke kelas Bimbel Akses.


Dengan metode bimbingan belajar Online & Offline dan memiliki kualitas pengajar yang Profesional yang teruji dan didukung oleh Soal-soal yang terupdate 2024 dengan berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes CASN, dan Tryout SKD berbasis CAT. Sehingga kalian akan semakin siap dalam menghadapi seleksi CASN CPNS-PPPK 2024 Bersama Bimbel Akses


Apa saja sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandiri)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari instansi kementerian & 20% akademisi seperti dosen dan guru

✔️ Fasilitas untuk cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tocpns.com

✔️ Grup kelas diskusi yang intensif

✔️GRATIS soal harian dan pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran yang tersedia di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan impianmu untuk menjadi seorang ASN yang berkualitas bersama Akses Education Centre.


Mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Masih punya pertanyaan?

Hubungi kami 


Referensihttps://finance.detik.com/cpns/d-7458368/ini-alasan-seleksi-cpns-pppk-2024-masih-belum-dibuka

Subscribes Channel Youtube Kami