9 Tips Ampuh Lolos CPNS Yang Wajib Kamu Ketahui

Salah satu hal yang paling dinanti-nanti banyak orang adalah pembukaan dan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Tentu saja, CPNS memang selalu menjadi berita utama ketika pergelarannya. Apalagi bagi yang baru selesai menuntaskan studi perkuliahannya, PNS kerap menjadi profesi pilihan.

Jenjang karir yang jelas dan panjang kerap menjadi alasan mengapa profesi aparatur sipil negara ini banyak diminati. Sekalipun Negara Republik Indonesia ini mengalami krisis moneter, seorang PNS tidak akan merasakan dampak sebesar profesi lainnya seperti pegawai swasta.

Pasalnya, sekalipun mengalami kesulitan, misalnya krisis moneter, negara masih membutuhkan pegawai negeri sipil untuk memajukan negaranya kembali.  Bila instansi tempat kerja PNS tutup atau bangkrut, mereka hanya perlu pindah atau mutasi ke instansi lain tanpa harus berhenti bekerja.

Sebelum menjadi Pegawai Negeri Sipil, tentu kamu harus lolos CPNS terlebih dahulu. Dan perlu diketahui bahwa persaingan menjadi pegawai negeri sipil itu sangatlah ketat. Pesaing-pesaing Kamu bisa berjumlah ratusan bahkan jutaan orang dari seluruh pelosk nusantara.

Terlepas dari itu, berikut adalah tips lolos CPNS yang harus Kamu ketahui:

  1. Persiapkan Diri Jauh Hari

Jika Kamu memang memiliki keinginan untuk lolos CPNS, persiapkan diri jauh-jauh hari sebelum seleksi atau rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil digelar.

baca artikel terkait  Apa sih yang dimaksud CASN - PPPK

Setelah ada informasi tentang penerimaan CPNS terbaru, pada saat itu juga Kamu harus segera mempersiapkan diri. Tentu Kamu akan bertemu dengan ribuan bahkan jutaan pesaing sehingga hal ini tidak boleh disepelekan jika ingin menjadi seorang PNS.

 

  1. Mengetahui Tahapan Seleksi

Agar proses belajar lebih efektif, sebaiknya Kamu kenali terlebih dahulu terkait tahapan-tahapan ujian. Ketahui apa ujian atau tes macam apa yang akan dihadapi nanti. Jangan sampai Kamu kurang update informasi, apalagi tidak tahu kapan seleksi akan dimulai atau berakhir.

 

  1. Mengenali Materi dan Tipe Ujian

Mau ikutan seleksi CPNS, tapi Kamu tidak tahu ujian jenis apa yang akan dihadapi nanti? 80% orang yang gagal mengikuti tes CPNS adalah mereka yang hanya main-main dan tidak memiliki banyak persiapan.

Sebaiknya Kamu kenali materi dan tipe ujian. Secara garis besar, Kamu akan menghadapi dua tipe ujian pada saat seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil, yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

 

  1. Melengkapi Dokumen

Dokumen yang diperlukan untuk mendaftar kurang lengkap? Tentu menjadi salah satu hambatan serta bukan hal mustahil Kamu didiskualifikasi. Pasalnya, kelengkapan dokumen adalah hal yang wajib dipenuhi dalam seleksi awal administrasi.

baca artikel terkait  Lowongan dan Cara Daftar Jadi PNS Lulusan SMA Sederajat

Oleh sebab itu, cek dan lengkapi terlebih dahulu dokumen-dokumen penting yang ada saat ini. Kemudian pastikan bahwa dokumen sudah memenuhi persyaratan-persyaratan untuk mengikuti rekrutmen.

Jika memang belum lengkap, segera cari atau buat dokumen baru karena tidak semua dokumen bisa selesai dalam waktu singkat.

 

  1. Ikut Bimbel

Belajar secara mandiri memang bisa dilakukan, namun Kamu juga dapat mengikuti bimbingan belajar khusus seleksi CPNS untuk mendapatkan hasil sesuai harapan. Selain itu, Kamu juga akan dibimbing oleh orang-orang berpengalaman dalam menghadapi soal CPNS.

Bimbelcpns.com adalah salah satu rekomendasi penyedia jasa bimbingan belajar CPNS terpercaya. Ribuan orang bahkan sudah menjadi bukti bahwa dengan bimbel CPNS mampu mengingkatkan persentase keberhasilan Kamu dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil.

Dengan bimbel, Kamu dapat melihat tolak ukur peserta dan kemampuan Kamu sendiri. Barulah kemudian dapat dilanjutkan memilih formasi CPNS.

 

  1. Latihan Soal Tes CPNS

Ketika seleksi administrasi, tentu bukan sekedar mempersiapkan dokumen saja, melainkan mempersiapkan diri untuk mengikuti tes atau ujian. Hal ini jelas sangat efektif dan membuat pengetahuan Kamu lebih luas.

Selain itu, dengan latiah soal tes cpns juga bisa membuat Kamu lebih lancar dalam menjawab soal-soal lainnya ketika ujian berlangsung.

baca artikel terkait  CASN CPNS & CASN PPPK 2022 di Mulai Pertengahan Tahun ?

Tidak ada alasan buat Kamu untuk bermalas-malasan, jika tak punya buku masih tersedia pengetahuan yang berasal dari internet.

 

  1. Jaga Kesehatan

Tak sedikit orang yang menyepelekan hal ini. Padahal, semua yang telah Kamu siapkan selama ini akan terasa sia-sia jika kesehatan tidak dijaga. Siapa yang mau sakit ketika mengerjakan ujian CPNS? Tidak ada bukan?

Untuk mulai hidup sehat, tentu tidak ada kata terlambat. Mulailah dari sekarang pola hidup sehat supaya pada seleksi CPNS nanti lebih lancar.

 

  1. Teliti saat Isi Formulir

Kamu selaku pelamar bisa print out langsung hasil pendaftaran setelah mengisi formulir secara online. Namuan jangan terlalu tergesa-gesa untuk print atau mencetaknya.

Sebelum dicetak, periksa kembali dan pastikan bahwa formulir sudah diisi secara lengkap dan data yang dimasukkan sudah benar.

 

  1. Berdoa dan Optimis

Dengan persiapan yang matang, tentu Kamu hanya tinggal menunggu dan mengikuti proses-proses ujian lainnya. Beprikirlah dengan jernih dan opmitis bahwa apa yang Kamu idam-idamkan selama ini bisa terwujud, termasuk lulus CPNS.

Selain itu, dari sisi spiritual pun tidak boleh dilupakan. Berdoalah kepada Tuhan untuk diberikan jalan terbaik dalam seleksi ujian CPNS tahun ini.