Posted on : 08/05/2018

Bimbel Tes CPNS, Dari Cara Cepat Sampai Jembatan Keledai

TEMPO.COJakarta – Pada 2018, pemerintah akan kembali membuka seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS. Tak sedikit orang yang kemudian mengikuti bimbingan belajar (bimbel) tes CPNS sebagai salah satu bentuk persiapan untuk mengikuti seleksi tersebut.

Salah satu bimbel tes CPNS yang kebanjiran calon peserta ujian adalah Akses CPNS. Kepala Divisi Marketing Akses CPNS Yustamar menyebutkan pihaknya memiliki trik khusus dalam mengerjakan soal tes CPNS. “Kami berikan trik untuk mengerjakan cepat, setengah menit satu soal pun bisa,” ujarnya saat dihubungi Tempo, Rabu, 4 Januari 2017.

Baca: Menteri Asman: CPNS yang Lolos Seleksi Tak Kalah dari Swasta

Yustamar berujar, di lembaga bimbel yang ia kelola, peserta akan diberikan tes sebelum masuk ke materi. Hal itu, kata dia, guna memetakan sejauh mana kemampuan peserta untuk pertama kalinya. “Kami berikan try out dulu, misalnya terkait dengan materi logika posisi, 10 sampai 20 soal,” katanya.

Nantinya, kata Yustamar, setiap peserta yang dapat mengerjakan soal tes tersebut mampu mengerjakan satu soal dengan waktu 3-5 menit. Karena itu, dia melanjutkan, lembaga bimbelnya memberikan tip bagaimana mengerjakan setiap soal dengan lebih cepat. “Dengan waktu 90 menit untuk 100 soal, secara logika satu soal tak boleh lebih dari satu menit, malah kurang harusnya. Jadi kami berikan trik,” ucapnya.

Di sisi lain, Yustamar menuturkan, untuk soal hafalan, lembaga bimbel CPNS miliknya juga memiliki trik khusus. Salah satunya menghafal dengan metode jembatan keledai. “Kami berikan kata kunci unik untuk bisa hafal. Jadi ada jembatan keledai untuk hafalan itu,” tuturnya.

Yustamar menjelaskan, untuk menghafal suatu materi dengan trik jembatan keledai, peserta diberikan singkatan-singkatan yang membuat materi itu lebih mudah diingat. Sebab, kata dia, jika peserta diberikan hafalan secara langsung akan lebih sulit. “Jadi kami rutin memberikan cara cepat menghafal, misalnya menghafal dasar Pancasila, ada singkatannya,” katanya.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan mengumumkan formasi CPNS 2018 pada Januari. Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan minimal penerimaan CPNS pada tahun ini berjumlah 110 ribu orang.

Sumber : https://bisnis.tempo.co/read/1047148/bimbel-tes-cpns-dari-cara-cepat-sampai-jembatan-keledai